tag:blogger.com,1999:blog-8318683999763342342024-03-13T23:26:17.272-07:00Mata Kuliah STATISTIK (Oleh Ruddy Pakasi)Blog ini berisi sebagian materi perkuliahan Statistik untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa dan Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unima yang mengontrak mata kuliah untuk semester Genap tahun 2013Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/03889087645253461709noreply@blogger.comBlogger2125tag:blogger.com,1999:blog-831868399976334234.post-50783907755553075302013-02-01T16:54:00.000-08:002013-02-01T16:54:41.055-08:00Materi 02: PENGERTIAN DASAR STATISTIK<div class="a-subheading1" style="margin: 0cm 0cm 18pt;">
<span lang="IN"><strong><span style="font-size: large;"><span style="font-family: Arial;">Manfaat Statistik<o:p></o:p></span></span></strong></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Sadar atau tidak, sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai informasi-informasi statistik baik yang disajikan lewat media elektronik maupun lewat media cetak.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Informasi-informasi tersebut disajikan dalam bentuk angka-angka, tabel, atau grafis.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Informasi seperti laju pertumbuhan penduduk, hasil <i style="mso-bidi-font-style: normal;">pooling</i> tentang cara pemilihan presiden, keadaan penduduk prasejahtera,<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>pengangguran sarjana, persentase dana pembangunan yang dikorupsi pejabat, dan sebagainya; merupakan beberapa contoh kecil dari sekian banyak hal lainnya yang berkaitan dengan pemanfaatan statistik.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dapat dikatakan bahwa statistik memiliki peran penting dan sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia moderen.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Oleh sebab itu pemahaman terhadap statistik menjadi sangat diperlukan.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Mata kuliah statistik merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di perguruan tinggi.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa menangani informasi yang bersifat kuantitatif.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Sebagai calon ilmuwan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam menggunakan pendekatan ilmiah dalam memecahkan masalah.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Penelitian akademis -seperti yang diterapkan dalam penulisan skripsi- adalah salah satu kegiatan keilmuan di mana permasalahan yang ada dipecahkan dengan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>melalui penggunaan pendekatan ilmiah.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dalam memecahkan permasalahan maka statsitik dapat berperan sebagai alat bantu yang dapat digunakan untuk menangani data-data kuantitatif yang diperoleh dalam penelitian.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dengan kata lain, melalui analisis statistik, dapat digambarkan situasi, kondisi, atau fakta yang diteliti dan sekaligus dapat diperoleh suatu kesimpulan yang masuk akal.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Namun demikian, meskipun statistik penting, pada umumnya mahasiswa kurang berminat mempelajarinya.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Barangkali pernyataan Ullman (1978:5) yang mengatakan bahwa pelajaran statistik addalah pelajaran yang “menggentarkan”,<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>ada benarnya.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Ini mungkin terjadi karena adanya anggapan bahwa dengan mempelajari statistik maka seseorang harus benar-benar memiliki kemampuan matematika yang kuat.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Tentu saja, jika yang dipelajari adalah statistika teoritis atau statistika matematis.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Namun, untuk belajar statistika terapan -khusus untuk kepentingan penelitian ilmiah- seseorang tidak perlu memiliki latar yang kuat di bidang matematika.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Cukup dengan mengetahui prinsip-prinsip dasar aritmatika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan penarikan akar.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Tepat sekali apa yang dikatakan Pasaribu (1981:6) bahwa kuliah statistik (di jurusan non-statistik) bukan dimaksudkan untuk menjadikan seseorang sarjana statistik, tapi untuk kepentingan memberikan pengetahuan yang dbutuhkan dalam kegiatan penelitian.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoBodyTextIndent2" style="margin: 0cm 0cm 6pt;">
<span lang="IN"><span style="font-family: Arial;">Memang benar bahwa statistika dan matematika masing-masing menggunakan prinsip-prinsip aritmatika.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Namun menurut Ullman (1978:5) ada perbedaan mendasar yang terdapat di antara keduanya; matematika adalah berurusan dengan suatu yang pasti, presisi, eksata, dan tepat, sementara statistika berurusan dengan suatu yang tidak pasti, tidak tentu, yang penekanannya pada penalaran dan pembuatan keputusan. <span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Sebagai contoh, dalam matematika angka 50 pasti lebih besar dibanding 45; dalam statistik angka 50 belum tentu lebih besar secara signifikan dibanding 45.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span><o:p></o:p></span></span></div>
<div class="a-subheading1" style="margin: 0cm 0cm 6pt;">
<br /></div>
<div class="a-subheading1" style="margin: 0cm 0cm 18pt;">
<span lang="IN"><strong><span style="font-size: large;"><span style="font-family: Arial;">Definisi-Definisi Statistik<o:p></o:p></span></span></strong></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Banyak sekali definisi mengenai statistik yang dapat ditemukan dalam buku-buku teks statistik.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dari sekian banyak definisi tersebut, ada beberapa yang dapat dikemukakan di sini<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Menurut Thorne (1980:3), statistik adalah seperangkat alat yang berkepentingan dengan pengumpulan, pengorganisasian, dan analisis fakta-fakta numerik.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dengan makna yang hampir sama, Pasaribu (1981:22) mengemukakan bahwa statistik menyediakan berbagai alat dan cara untuk mencari kembali keterangan yang seolah-olah tersembunyi di dalam angka-angka statistik.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Kedua definisi tersebut menyepakati statistik sebagai suatu “alat” yang digunakan dalam menangani data kuantitatif.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Hal ini juga tidak jauh berbeda dengan pendapat Ary, Jacobs, dan Razavieh (1979:91) yang mengatakan bahwa prosedur statistik pada dasarnya merupakan metode untuk menangani informasi kuantitatif dalam cara tertentu sehingga membuat informasi yang diperoleh menjadi bermakna.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dalam definisi inipun kelihatan bahwa statistik sebagai alat untuk menangani data kuantitatif, meskipun memberikan penekanan sebagai suatu prosedur.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Demikian juga Hovarth (1985:6) meskipun dengan pengertian yang “umum” mengemukakan bahwa statistik adalah<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>kumpulan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>peraturan dan prosedur untuk mengevaluasi dan membuat keputusan mengenai hasil observasi ilmiah.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Definisi yang mengarahkan pada klasifikasi statistik (statistik deskriptif dan statistik inferensial) dikemukakan oleh McCall (1980:18).<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Ia mengemukakan bahwa statistik mempelajari tentang metode mendeskripsikan dan menginterpretasikan informasi kuantitatif, termasuk teknik mengorganisasi dan merangkum data, teknik membuat generalisasi (kesimpulan yang berlaku umum) dan inferensi dari data.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Arah pengklasifikasian ini tampak pada istilah “mendeskripsikan” sebagai “statistik deskriptif” dan menginterpretasikan” sebagai “statistik inferensial”.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Uraian yang membahas tentang statistik deskriptif dan statistik inferensial akan dikemukakan pada bagian khusus yang membahas itu.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Dari definisi-definisi yang dikemukakan tersebut dapat disimpulkan bahwa statistik berkaitan dengan cara menangani fakta berupa data kuantitatif yang diperoleh berdasarkan observasi atau pengukuran sehingga data dapat dideskripsikan atau ditarik kesimpulan dan akhirnya memungkinkan orang lebih mudah memahami fakta yang ada.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="a-subheading1" style="margin: 0cm 0cm 18pt;">
<span lang="IN"><strong><span style="font-size: large;"><span style="font-family: Arial;">Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial<o:p></o:p></span></span></strong></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Dalam definisi sebelumnya disebutkan bahwa statistik berfungsi mendeskripsikan dan menarik kesimpulan (inferensial).<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Menurut Horvath (1985:5), statistik memiliki dua tujuan utama, yaitu mendeskripsikan dan menarik kesimpulan.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Oleh sebab itu dikenal dua jenis statistik, yaitu stastistik deskriptif dan statistik inferensial.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="b-subheading2" style="margin: 0cm 0cm 12pt;">
<span lang="IN" style="font-weight: normal;"><span style="font-size: large;"><span style="font-family: Arial;">Statistik Deskriptif<o:p></o:p></span></span></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 6pt; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Statistik deskriptif berisi teknik untuk mengorganisasi, meringkas/ menyarikan informasi dari data numerik (Horvath, 1985:5).<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-pagination: none; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Untuk memberikan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan statistik deskriptif, maka perhatikan contoh berikut ini.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Seorang peneliti ingin mengetahui tentang skor hasil belajar <span style="mso-tab-count: 1;"> </span>metodologi penelitian dari 300 orang<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mahasiswa<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>di fakultas X.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Data dari 300 orang mahasiswa tersebut<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>diperoleh dari arsip nilai pada bagian kemahasiswaan.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Si peneliti menyalin nama dan skor masing-masing mahasiswa.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dari contoh tersebut tentu saja diperoleh 300 skor yang bervariasi<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dari masing-masing mahasiswa.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dapat kita bayangkan berapa lembar kertas<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang dibutuhkan untuk menyalin data dari<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>300<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>orang mahasiswa tersebut.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-pagination: none; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Deretan data tersebut, meskipun sudah menyajikan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>semua data<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang dibutuhkan, namun belum dapat memberikan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>jawaban secara akurat mengenai pertanyaan-pertanyaan seperti: Berapa skor<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>rata-rata<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dari kelompok<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mahasis-wa<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>tersebut?<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Apakah rentang<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>skor semua mahasiswa sempit sehingga<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>variasi<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>skor dapat<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dikatakan mirip?<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Atau sebaliknya rentang skor<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>lebar sehingga<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>skor<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>sangat bervariasi?<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Skor<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mana<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dapat diidentifikasikan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>sebagai<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>kelompok tinggi<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mana<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang masuk<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dalam kelompok rendah?<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Informasi-informasi<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mengenai pertanyaan-pertanyan tersebut masih membutuhkan perhitungan-perhitungan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>tertentu.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Perhitungan-perhitungan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>tersebut itulah yang menjadi kawasan operasi statistik deskriptif.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-pagination: none; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<br /></div>
<div class="b-subheading2" style="margin: 0cm 0cm 12pt;">
<span lang="IN" style="font-weight: normal;"><span style="font-size: large;"><span style="font-family: Arial;">Statistik Inferensial<o:p></o:p></span></span></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-pagination: none; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Menurut<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Horvath<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>(1985:6) Statistik<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>inferensial<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>(ada yang menyebut statistik induktif) adalah kumpulan aturan dan prosedur di mana pernyataan umum tentang orang atau peristiwa dibuat berdasarkan observasi terhadap jumlah yang relatif sedikit.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dengan kata lain statistik inferensial ini merupakan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>penggeneralisasian<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>penemuan di<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>luar<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>pengamatan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang dilakukan.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-pagination: none; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<span lang="IN" style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Sebagai<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>contoh,<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>seorang<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>peneliti<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>ingin<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mengetahui bagaimana<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>sikap<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mahasiswa<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>IKIP<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>terhadap<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>profesi<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>guru.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Berapa<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>jumlah<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mahasiswa<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>IKIP<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>di<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Indonesia?<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Katakanlah jumlah<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>seluruhnya<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>10.000<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>orang.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Ini<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>jumlah<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>tidak kecil.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Namun dengan menggunakan teknik statistik<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>inferensial,<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>memungkinkan peneliti untuk mengedarkan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>angket<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang sudah<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>disiapkan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>kepada<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>sebagian<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mahasiswa<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dipilih secara acak (<i style="mso-bidi-font-style: normal;">random</i>), katakanlah 500 orang.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Melalui<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>analisis<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>data<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dari angket yang diisi oleh 500<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>orang<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>tersebut, diketahui bahwa sikap mereka terhadap profesi guru<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>ternyata rendah.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Apabila prosedur analisis terhadap kelompok<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>kecil sampel<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>ini<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dilakukan dengan benar, maka<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>kesimpulan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>hasil tersebut<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>menjadi<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>berlaku bagi seluruh<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>mahasiswa<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>IKIP<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>di Indonesia, yaitu semuanya memiliki sikap yang rendah<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>terhadap profesi guru.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Jadi kesimpulan bukan hanya berlaku<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>pada 500<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>orang<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang dijadikan sampel.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Dengan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>demikian<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>teknik statistik<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>inferensial adalah alat mengumpulkan suatu<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>fakta mengenai<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>populasi yang besar dengan hanya menggunakan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>data dari<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>sampel<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang relatif kecil.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Itulah<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>sebabnya<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Horvath (1985:6) mengatakan bahwa statistik ini merupakan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>"jantung" dari kegiatan ilmiah. <o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-pagination: none; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-pagination: none; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-pagination: none; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<br /></div>
<div style="border-bottom: medium none; border-left: medium none; border-right: medium none; border-top: windowtext 1pt solid; mso-border-top-alt: solid windowtext .5pt; mso-element: para-border-div; padding-bottom: 0cm; padding-left: 0cm; padding-right: 0cm; padding-top: 1pt;">
<div class="MsoNormal" style="border-bottom: medium none; border-left: medium none; border-right: medium none; border-top: medium none; line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-border-top-alt: solid windowtext .5pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-padding-alt: 1.0pt 0cm 0cm 0cm; mso-pagination: none; padding-bottom: 0cm; padding-left: 0cm; padding-right: 0cm; padding-top: 0cm; text-align: justify; text-indent: 36pt;">
<br /></div>
</div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-pagination: none; text-align: justify;">
<i style="mso-bidi-font-style: normal;"><span style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">TUGAS I</span></i><span style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><o:p></o:p></span></div>
<ol style="margin-top: 0cm;" type="1">
<li class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-pagination: none; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Jelaskan manfaat apa saja yang dapat dilakukan statistik, khususnya yang terkait dengan pengajaran bahasa atau seni<o:p></o:p></span></li>
<li class="MsoNormal" style="line-height: 16pt; margin: 0cm 0cm 6pt; mso-line-height-rule: exactly; mso-list: l0 level1 lfo1; mso-pagination: none; text-align: justify;"><span style="font-family: 'Arial','sans-serif'; font-size: 12pt; mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Jelaskan perbedaan statistik deskriptif dan statstik inferensial<o:p></o:p></span></li>
</ol>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/03889087645253461709noreply@blogger.com23tag:blogger.com,1999:blog-831868399976334234.post-15850768374305377162013-01-28T00:56:00.000-08:002013-01-28T16:52:53.397-08:00Materi 01<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div align="center" class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: center;">
<b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: red; font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">1. Tujuan/Manfaat Mata Kuliah</span></b><span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><o:p></o:p></span></div>
<div align="center" class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: center;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam melakukan analisis statistik terutama dalam menghadapi tugas pengukuran dan penelitian pendidikan.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div align="center" class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: center;">
<b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="color: red;">2.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Deskripsi Perkuliahan<o:p></o:p></span></span></b></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Perkuliahan dilaksanakan sebanyak 18 kali pertemuan, yang terdiri dari 16 kali pertemuan untuk perkuliahan teori/praktek, dan masing-masing 1 kali pertemuan untuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Perkuliahan dilakukan dengan ceramah dan demonstrasi komputasi statistik dan pemberian tugas latihan untuk setiap sub pokok bahasan.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Tugas latihan mandiri yang harus dikerjakan mahasiswa, dikaitkan dengan kepentingan data penelitian.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Hasil ujian tengah semester dan akhir semester, serta<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>semua tugas latihan yang dikerjakan mahasiswa dijadikan indikator penilaian kemampuan mereka.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span><o:p></o:p></span></div>
<div align="center" class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: center;">
<br /></div>
<div align="center" class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: center;">
<b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: red; font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">3.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Tujuan Instruksional</span></b><span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Mahasiswa akan dapat:<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm 0pt 18pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">1.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>menjelaskan pengertian dasar statistik<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 18pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>membedakan skala pengukuran yang digunakan dalam statistik<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">3.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>menyajikan data statistik dalam bentuk tabel distribusi, histogram dan poligon.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">4.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>menjelaskan karakteristik distribusi skor<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 18pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">5.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>melakukan analisis korelasi dan menjelaskan hasil analisisnya<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">6.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>melakukan analisis regresi dan menjelaskan hasil analisisnya<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">7.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>melakukan Uji-t dan menjelaskan hasil analisisnya<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">8.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>melakukan ANAVA satu-jalan dan menjelaskan hasil analisisnya<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 18pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">9.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>melakukan beberapa analisis Non-parametrik dan menjelaskan hasil analisisnya<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div align="center" class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: center;">
<b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: red; font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">4.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Organisasi Materi</span></b><span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">A. <span style="mso-tab-count: 1;"></span>Pengertian dasar statistik<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>1.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Manfaat statistik<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Definisi statistik<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>3.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pengertian statistik deskriptif<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>4.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pengertian statistik inferensial<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">B.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Skala pengukuran dalam statistik<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>1. <span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Skala nominal<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Skala ordinal<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>3.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Skala interval<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>4.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Skala ratio<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">C.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>Teknik penyajian data<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>1.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Distribusi frekuensi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Histogram frekuensi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>3.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Poligon frekuensi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">D.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>Karakteristik distribusi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 193.5pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -193.5pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>1.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pengukuran kecenderungan memusat (<i style="mso-bidi-font-style: normal;">measures of central tendency</i>)<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pengukuran variabilitas (<i style="mso-bidi-font-style: normal;">measures of variability</i>)<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">E.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>Korelasi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 193.5pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -193.5pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>1.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pengertian korelasi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pengujian persyaratan analisis korelasi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>3.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Korelasi <i style="mso-bidi-font-style: normal;">product moment </i>Pearson<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>4.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Korelasi jenjang Spearman<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">F. <span style="mso-tab-count: 2;"> </span>Regresi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 193.5pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -193.5pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>1.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pengertian regresi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Analisis regresi<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>3.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Asumsi regresi linear<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">G.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>Uji-t<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 193.5pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -193.5pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>1.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pengertian Uji-t<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Uji persyaratan analisis<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>3.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Prosedur analisis Uji-t<span style="mso-tab-count: 1;"> </span><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">H. <span style="mso-tab-count: 1;"></span>ANAVA satu jalan<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 193.5pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -193.5pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>1.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pengertian ANAVA satu-jalan<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Prosedur ANAVA satu-jalan<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>3.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Uji Pasca ANAVA<span style="mso-tab-count: 2;"> </span><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 5pt 0cm; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">I.<span style="mso-tab-count: 2;"> </span>Beberapa Analisis Non-Parametrik Lainnya<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 193.5pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -193.5pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>1.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span><i style="mso-bidi-font-style: normal;">Chi-Square</i> dan Uji Binomial (Data Nominal)<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>2.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Kendal’s <i style="mso-bidi-font-style: normal;">tau<o:p></o:p></i></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>3.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Mann-Whitney <i style="mso-bidi-font-style: normal;">U</i>-test<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><span style="mso-tab-count: 2;"> </span>4.<span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Wilcoxon mached-pairs signed-ranks test<span style="mso-tab-count: 2;"> </span><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div align="center" class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: center;">
<b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: red; font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">5.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Strategi Perkuliahan</span></b><span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Perkuliahan dilaksanakan dengan metode ceramah dan demonstrasi, dilanjutkan dengan pemberian soal latihan dikerjakan mahasiswa pada setiap akhir pemberian sub pokok bahasan.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div align="center" class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; text-align: center;">
<b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: red; font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">6.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Materi/Bacaan Perkuliahan</span></b><span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;"><o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 5pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 36.0pt 157.5pt 180.0pt; text-align: justify;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">A.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Referensi:<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 6pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Ary, Donald, Lucy Cheser Jacobs, dan Asghar Razavieh.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><i style="mso-bidi-font-style: normal;">Introduction to Research in Education</i>.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>New York: Holt, Rinehart and Winston, 1979.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 6pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Hovarth, Theadore.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><i style="mso-bidi-font-style: normal;">Basic Statistic for Behavioral Sciences.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span></i>Boston: Little, Brown and Company, 1985.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 6pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">McCall, Robert B.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><i style="mso-bidi-font-style: normal;">Fundamental Statistics for Psychology</i>.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc., 1980.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 6pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Pasaribu, Amudi. <i style="mso-bidi-font-style: normal;">Pengantar Statistik</i>. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1981. <o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 6pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Thorne, B. Michael.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><i style="mso-bidi-font-style: normal;">Introductory Statistics for Psychology.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span></i>North Scituate, Massachusetts: Duxbury Press, 1980.<o:p></o:p></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt 18pt; tab-stops: 13.5pt 18.0pt 180.0pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">
<span style="font-size: 12pt; mso-bidi-font-size: 10.0pt;">Ullman, Neil R. <i style="mso-bidi-font-style: normal;">Elementary Statistics: An Applied Approach.</i> New York: John Wiley & Son, 1978.<o:p></o:p></span></div>
</div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/03889087645253461709noreply@blogger.com31